Cara Melatih Anak Disiplin

Posted on

Bagaimana Cara Melatih Anak Disiplin ? Siapapun orang tua pasti mendambakan anak yang patuh dan taat serta disiplin terhadap kedua orang tuanya. Namun kerap kali pada saat kita membimbing dan mengarahkan buah hati terkadang kita tidak mampu menahan emosi apabila anak kita masih suka membangkang terhadap kehendak kita. Membimbing anak adalah suatu hal yang amat sangat sensitif serta harus dilakukan dengan penuh hati-hati dan rasa kasih sayang, sebab dengan mendidik serta membimbing anak yang dilakukan dengan cara yang menonjolkan sifat kekuasaan orang dewasa akan berdampak buruk terhadap perkembangan anak dimana anak yang dididik dengan cara seperti itu cenderung si anak akan melawan terlebih lagi apabila kita sebagai orang tua mendidik anak dengan menggunakan cara memarahi atau bahkan memukulnya.
cobalah untuk mencermati dan mempertimbangkan beberapa cara melatih anak agar disiplin dalam kehidupan sehari-hari, berikut beberapa cara yang mungkin dapat anda pertimbangkan dalam mendidik anak agar disiplin.

*) Perlakukanlah anak seperti orang dewasa.
Kadang kala anak juga menginginkan sesuatu yang lebih, bagaimana bisa? sesuatu yang lebih disini dimaksudkan adalah bahwa anak menginginkan rasa hormat dari orang tuanya. Tidak ada salahnya apabila suatu waktu ketika si buah hati selesai mengerjakan dan anda memujinya maka si anakpun merasa dihargai, atau cobalah berikan si anak menentukan pilihan mudah misalnya dalam hal memilih pakaian yang dia suka, dengan memberikan perlakuan seperti itu maka si anak akan merasa dihormati terhadap keputusannya.

*) Jangan memarahi
Tahukah anda kalau marah itu merupakan titik kelemahan anda. Ketika anda marah maka dengan cepat si anak menangkap reaksi anda, hal ini akan memicu si anak untuk melakukan hal yang sama apabila menghadapi suatu masalah.

*) Anak menuruti kemauan orangtua
Jika kita menghendaki anak menurut terhadap kemauan orang tua maka lakukanlah terhadap kita dahulu, maksudnya adalah apabila orang tua mau anaknya melakukan sesuatu maka harus lah dimulai dari orangtua. Dengan memberi contoh melakukan pekerjaan yang baik maka si anakpun akan meniru kebiasaan kita. misalnya merapikan tempat tidur atau membuang sampah pada tempatnya. karena daya tangkap visual merupakan media contoh yang sangat cepat bagi anak.

*) Anak over acting dihapadan orang lain
Untuk menghadapi masalah seperti ini sebaiknya jangan berteriak kepada si anak, beritahu kepada si anak bahwa perbuatan tersebut tidak boleh dilakukan. dalam hal menyampaikannya perbuatan tidak baik itu harusnya dilakukan pada saat anda berdua dengan anak. Ingatkan kembali kepada si anak agar jangan melakukan kembali dengan nada jangan mengancam, dan apabila si anak melakukan lagi nanti akan mendapat hukuman.

*) Mengatur anak ditempat umum
Kadang kala anak melakukan kenakalan-kenakalna ditempat umum, apabila anda menemui kenakalan anak di tempat umum cobalah bersabar berikanlah pandangan yang ringan terhadap kenakalan yang mereka lakukan ditempat umum. Apabila si anak masih tidak memperhatikan anda berikanlah hukuman tapi ingat pada saat anak anda tidak mendengarkan anda usahakan jangan menaikan nada suara atau bahkan memukulnya. Karena dengan sikap kita yang seperti itu malah membuat sianak bertambah nakal.