Cara Mencegah Osteoporosis

Posted on


Osteoporosis, merupakan penyakit yang ditandai dengan berkurangnya  massa tulang dan adanya perubahan struktural jaringan tulang yang mengakibatkan pengurangan atau bahkan penurunan kekuatan tulang atau dengan kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti adalah proses pengeroposan tulang.

Osteoporosis ini terjadi akibat diantaranya adalah konsumsi gizi yang tidak seimbang, terutama kurangnya konsumsi vitamin D dan kalsium dimana kalsium sangat dibutuhkan oleh tulang sebagai salah satu zat yang membentuk tulang. Osteoporosis juga terpengaruh dari faktor penuaan serta faktor keturunan juga dapat mempengaruhi osteoporosis ini.

Osteoporosisdapat anda cegah sejak dini atau paling tidak anda dapat menunda proses terjadinya osteoporosis ini yakni dengan memulai mengkonsumsi cukup asupan zat gizi yang dibutuhkan oleh tulang, seperti kalsium dan vitamin D tadi.

Selain dari asupan makanan anda dapat pula melakukan kegiatan olahraga teratur, dimana olahraga secara teratur juga dapat mempengaruhi proses pembentukan tulang. Anda tidak perlu melakukan olah raga berat cukup lakukan olah raga ringan saja yang penting dilakukan secara teratur dan rutin, sebab olahraga seberat apapun apabila anda tidak rutin maka akan sia-sia.

Osteoporosis dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

Osteoporosis primer dan osteoporosis sekunder.
Osteoporosis primer yaitu berkaitan dengan wanita yang berkurangnya atau terhentinya produksi hormon yang disebabkan oleh proses bertambahnya usia.
Osteoporosis primer terbagi menjadi dua tipe, yaitu:
Osteoporosis primer tipe 1 : Berhubungan dengan hormon dan usia yang menyebabkan menopause
Osteoporosis primer tipe 2 : berkaitan dengan proses penuaan pada tulang

Osteoporosis sekunder disebabkan dari berbagai macam penyakit tulang , penyakit-penyakit yang berkaitan dengan tulang pada jenis osteoporosis sekunder ini tidak hanya didapat atau menyerang orang tua saja namun ganggguan penyakit tulang ini dapat menyerang di usia muda

Pola hidup sehat sangatlah dianjurkan untuk menghindari osteoporosis ini, mulailah melakukan pola hidup sehat seperti:

*Mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang untuk memenuhi nutrisi yang diserap tubuh, untuk menghindari atau menunda osteoporosis anda dapat menambah konsumsi kalsium yang diperoleh dari Sumber makanan tinggi klasium antara lain :
– Susu dan hasil olahannnya (keju,yoghurt )
– Ikan teri (teri kering ,rebon ,teri segar )
– Sarden dan mackerel kalengan dengan tulangnya,salmon
– Kacang-kacangan (kacang panjang,kacang hijau kering )
– Sayur-sayuran (daun papaya,daun talas,pakcoi,sawi, brokoli)
 – Buah-buahan (jeruk,sitrun )
Selain makanan diatas anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang mampu memperlancar penyerapan kalsium seperti:
– kedelai dan hasil produknya (tempe,susu kedelai,tahu )
– sayuran hijau (bayam,bnrolkoli,kol ) grren klover atau semanggi,lalab,pecel
– kacang-kacangan
– buah-buahan (Bengkoang ).

Selain mencukupi kebutuhan kalsium anda juga harus mencukupi kebutuhan vitamin D, antara lain diperoleh dari pancaran sinar matahari. Anda Juga harus mencukupi kebutuhan akan vitamin K,vitamin C, magmesium, kalium dan mineral lainnnya yang membantu penyerapan kalsium.

Yang patut anda ingat adalah jika anda telah menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan diatas, harus anda perhatikan juga untuk menghindari makanan yang menjadi penghambat penyerapan kalsium diantaranya:
– makanan serat berlebihan
– kombinasi makanan dengan protein tinggi (daging,kambing,ayam )
– konsumsi fosfor tinggi melebihi 1500 mg (softdrink, ikan tuna,daging )
– garam (sodium,akan membuang klasium melalui urin ( 1 gram sodium menyebabkan 28 mg kalsium akan hilang melaui urin )
– kebiasaan merokok, minum kopi dan alkohol.

* Penerapan pola hidup selain hal diatas anda juga dapat menjaga pola hidup sehat dengan berolah raga secara teratur, tidak usah yang berat anda cukup melakukan olah raga ringan saja yang penting dilakukan secara rutin untuk cara mencegah osteoporosis