Cara Menghilangkan Bau Mulut

Posted on

Memiliki masalah dengan bau mulut? Mencari cara menghilangkan bau mulut? Bau mulut merupakan masalah serius dalam pergaulan sehari-hari anda. Bagaimana tidak dengan memiliki masalah  seperti bau mulut menjadikan kita memiliki rasa minder dalam keseharian. Dimana pengaruh dari bau mulut ini kita akan dijauhi ketika sedang berbicara dengan siapa saja. Keluhan seperti ini tentunya dapat anda hilangkan dengan cara mudah dan cepat yaitu dengan menggunakan pewangi mulut ataupun permen pewangi yang banyak dijual bebas. Namun apakah anda memperhatikan ketika pewangi tersebut telah habis efeknya apa yang terjadi kemudian? Tentunya masalah bau mulut akan kembali muncul. Dan juga apakah anda memperhatikan akan pengaruh kesehatan mulut anda ketika anda menggunakan ataupun memakan permen untuk memberikan kesan wangi tersebut? Tentunya hal tersebut menjadi suatu masalah baru pada mulut anda, entah itu menjadikan gigi anda rusak akibat pemanis pada permen ataupun membuat mulut anda sariawan karena pengaruh dari bahan-bahan yang digunakan oleh penyemprot mulut.
Sebelum anda mencari caramenghilangkan bau mulut ada baiknya anda memperhatikan penyebab dari munculnya bau mulut tersebut. Bau mulut dapat disebabkan oleh beberapa faktor dari mulut kita sendiri dan ada juga penyebab bau mulut dari makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Faktor yang paling besar mempengaruhi bau mulut adalah gigi yang berlubang, dimana pada gigi yang berlubang tersebut biasanya tersimpan sisa makan yang mengendap. Dari sisa makanan yang sulit dibesihkan inilah yang menyebabkan bau pada mulut kita. Hal lain yang mempengaruhi bau mulut masih disekitar gigi yaitu dengan adanya timbulan plak atau karang gigi. Karang gigi yang sulit dibersihkan juga ternyata menimbulkan bau yang tidak sedap pada mulut kita. Infeksi pada gusi yang meyebabkan gusi berdarah menjadi salah satu faktor yang menimbulkan bau mulut. Sisa dari makanan yang masih menempel pada permukaan lidah setelah selesai makan yang menimbulkan bercak putih atau bahkan kekuningan. Kurang merawat daerah mulut terutama gigi menjadi sumber masalah terbesar dalam bau mulut. Penyebab berikutnya dari makanan yang anda konsumsi setiap hari, misalnya dengan seringnya mengkonsumsi makanan dengan aroma yang menyengat. Jengkol, pete, bawang dan durian dari makanan tersebut menimbulkan bau yang tersisa pada mulut kita. Minuman beralkohol serta kebiasaan merokok juga mampu menimbulkan bau mulut.

Setelah kita mengetahui apa saja yang menjadi penyebab dari munculnya bau mulut ada baiknya kita menghindari proses kemunculannya tersebut, yaitu dengan rajin membersihkan gigi jadwalkan mulai dari sekarang setiap 6 bulan sekali periksakan gigi anda ke dokter gigi. Bersihkan karang gigi yang menempel, pada saat menggosok gigi usahakan dengan menggunakan sikat gigi yang memiliki tekstur lembut dan mampu menjangkau seluruh permukaan gigi anda dan juga bersihkan daerah lidah anda. Bagi anda yang menggunakan kawat gigi baiknya rawat dengan menggunakan sikat gigi khusus untuk perawatan gigi anda. Setelah makan biasakanlah dengan menutupnya dengan buah pencuci mulut, anda dapat mengkonsumsi jeruk sebagai buah pencuci mulut jeruk dapat menghilangkan bau mulut secara alami. Perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas sehari, konsumsi air putih selain menyehatkan tubuh ternyata dengan seringnya kita minum maka sisa makanan yang masih tersisa pada gigi dan daerah sekitar lidah akan terdorong dan menjadi bersih.
Demikianlah cara singkat caramenghilangkan bau mulut anda, yaitu cukup merubah kebiasaan hidup anda dalam merawat kebersihan mulut. Lakukan cara menghindari lebih baik daripada kita mengobati, mulailah membiasakan diri dengan pola hidup sehat setiap hari mudah-mudahan masalah bau mulut anda cepat teratasi dan anda tidak merasa dijauhi dari teman anda.