Cara Mengatasi Masuk Angin

Posted on

Cara mengatasi masuk angin dengan mudah dan sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengusir masuk angin, cara mengatasi masuk angin yang diakibatkan karena kondisi badan menurun akibat faktor cuaca. Masuk angin, siapa yan tak kenal dengan masalah kesehatan yang satu ini. Masuk angin merupakan penyakit yang familiar pada kita, bahkan hampir setiap orang pernah mengalami masuk angin.

Sebenarnya istilah masuk angin tidak ada dalam dunia kedokteran, mungkin karena istilah yang membingungkan pada dunia kedokteran masyarakat umum lebih mengenalnya dengan istilah masuk angin. Pada dunia kedokteran sendiri gangguan atau masalah masuk angin ini merupakan bagian dari gejala flu yang ditimbulkan karena faktor cuaca, dengan menurunnya daya tahan tubuh sehingga menyebabkan gejala seperti mual, pusing, meriang, pegal-pegal, perut kembung, demam bahkan susah 'maaf' buang angin.

Dari gejala yang ditimbulkan dari masuk angin tersebut sebenarnya telah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan beberapa cara mengatasi masuk angin tersebut. Sebut saja kerokan, dipercaya dengan menggunakan cara kerokan ini terbukti dapat mengusir masuk angin. Sebenarnya dengan terlalu seringnya anda memakai cara kerokan ini sebagai cara mengatasi masuk angin akan menyebabkan masalah lain pada kulit anda. Memang dampak buruk yang akan anda alami akan berpengaruh dalam jangka panjang, dengan terlalu sering anda kerokan ternyata dapat membuat kulit iritasi bahkan menyebabkan pori-pori kulit anda bertambah besar. Nah jika pori-pori membesar apakah anda yakin angin tidak akan mudah masuk melalui pori-pori tubuh anda yang membesar?

Bagi anda yang ingin mencoba alternatif lain untuk mengatasi masuk angin selain kerokan tadi anda dapat melakukan berbagai macam cara mengatasi masuk angin. Cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masuk angin tentunya dengan memperhatikan kondisi kesehatan anda. Bekali tubuh anda dengan kecukupan akan vitamin dan mineral yang dapat membantu mempertahankan kondisi tubuh terhadap gangguan kesehatan. Perhatikan cuaca atau udara disekitar lingkungan anda melakukan aktifitas sehari-hari, gunakan pakaian yang menjaga suhu tubuh tetap seimbang dan bagi anda yang sering beraktifitas sehari-hari menggunakan kendaraan roda dua ada baiknya mengenakan jaket sebagai pelindung.

Makan secara teratur dengan memperhatikan pola makan dengan makanan sehat juga akan membantu anda tehindar dari masalah masuk angin ini, makan dengan porsi yang sesuai dan secara teratur juga dapat membantu anda dari masalah masuk angin. 

Bagi anda yang sudah terlanjur terkena masuk angin selain menggunakan cara mengatasi masuk angin dengan kerokan tadi anda juga dapat mengkonsumsi jamu untuk mengobati masuk angin. Perhatikan dosis dari jamu yang anda minum, sebaik apapun jenis obat-obatan jika digunakan dengan dosis yang berlebih akan menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh. Hindari minuman dingin pada saat anda terserang masuk angin, minuman hangat lebih baik anda konsumsi disaat anda terserang masuk angin. Wedang jahe dapat anda jadikan minuman untuk mengatasi masuk angin, selain dengan minuman hangat tadi anda juga dapat menggunakan minyak gosok seperti minyak kayu putih ataupun minyak angin pada bagian sekitar perut dan pinggang anda untuk mengatasi perut kembung yang diakibatkan oleh masuk angin.

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masuk angin yaitu dengan menggunakan air hangat yang dimasukan kedalam botol. Pada posisi terlentang anda cukup mengguling-gulingkan botol yang telah diisikan dengan air hangat lalu gulingkan secara perlahan pada bagian perut anda, gunakan botol dengan ukuran cukup besar anda dapat menggunakan botol sirop yang terbuat dari kaca. Jangan menggunakan botol plastik karena botol plastik akan memuai jika terkena panas.

Demikianlah cara mengatasi masuk angin yang dapat anda coba lakukan sebagai obat masuk angin, ingatlah jaga kondisi kesehatan sebelum terserang penyakit.