Dampak Negatif AC Bagi Kesehatan

Posted on

Dampak negatif AC bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, kebutuhan akan rumah tangga terhadap pendingin udara atau AC saat ini menjadi tinggi sekali padahal dampak negatif AC bagi kesehatan amatlah banyak. Mulai dari mudahnya terserang beberapa masalah kesehatan atau mudah terserang penyakit, dampak negatif lain dari penggunaan AC ini bisa juga merusak kulit anda. Selain itu pula dampak negatif yang ditimbulkan melalui penggunaan AC ini bagi seseorang yang sedang sakit dapat mengakibatkan lamanya proses penyembuhan.

Kondisi iklim tropis yang terdapat di Indonesia semakin memaksakan diri untuk memiliki penyejuk udara pada ruangan di rumah anda. Namun pada kenyataannya yang tadinya AC sebagai kebutuhan untuk "memanjakan" diri ini bisa berakibat fatal bagi kondisi kesehatan seluruh anggota keluarga. Berikut ini dampak negatif terhadap penggunaan AC bagi kesehatan.

Masalah pernafasan
Tertutupnya suatu ruangan yang menggunakan AC dapat mengakibatkan beberapa jenis kuman yang terdapat pada ruangan tersebut semakin berkembang. Dikarenakan tidak adanya sirkulasi udara keluar masuk pada ruangan tersebut tentunya menyebabkan kuman semakin bertambah dan berkembang. Beberapa jenis kuman dapat tumbuh manakala tidak adanya sirkulasi udara disuatu ruangan. Untuk jenis kuman yang terdapat diruangan tersebut biasanya menyebabkan gangguan pada masalah pernafasan. Kuman yang tumbuh pada ruangan yang minim sirkulasi (ruangan tertutup) biasanya menyebabkan demam, batuk bahkan menyebabkan penyakit paru-paru.

Mudah terserang penyakit dan kelelahan
Kondisi seseorang yang terlalu lama dalam ruangan berpenyejuk udara atau AC dapat mengakibatkan mudahnya terserang beberapa jenis penyakit, bahkan seseorang akan selalu merasa mudah lelah. Tak sedikit bagi orang yang menghabiskan waktunya dengan terlalu lama berada pada ruangan ber-AC ini sering mengalami sakit kepala. Disamping itu gejala penyakit lain seperti flu dan pilek menjadi rentan sekali terkena.

Memperparah kondisi penyakit
Bagi orang yang sedang terserang penyakit dengan berada pada ruangan berpenyejuk udara seperti AC ini dapat mengakibatkan sulitnya penyakit itu untuk sembuh bahkan dapat menyebabkan suatu jenis penyakit menjadi lebih parah dari sebelumnya. Disamping itu pula dampak negatif dari AC bagi kesehatan ini adalah lebih mudahnya anda terkena serangan rematik juga tekanan darah tinggi.

Berkurangnya ketahanan tubuh terhadap panas
Dengan terbiasanya tubuh dalam kondisi ruangan sejuk dapat mengakibatkan kekurangannya daya tahan tubuh terhadap kondisi cuaca panas. Kondisi perubahan dari udara dingin dalam ruangan ke udara panas yang terdapat diluar ruangan menyebabkan tubuh mengalami perubahan yang cukup cepat. Hal ini tentunya menjadikan ketahan tubuh menjadi menurun, dengan menurunnya ketahana tubuh tentunya menyebabkan mudahnya bagi tubuh terserang penyakit.

Kulit mengering
Tak hanya bagi kesehatan, dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan AC ini juga dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Hilangnya kelembaban alami bagi kulit dengan berlama-lama pada ruangan ber AC dapat mengakibatkan kulit menjadi lebih kering.