Makanan diet pengganti nasi

Posted on


Makanan diet pengganti nasi selain sayuran dan buah-buahan yang menjadi alternatif dalam menjalani program diet, makanan diet pengganti nasi ini akan tetap mencukupi kebutuhan akan karbohidrat namun memiliki fungsi menjaga berat badan yang ideal. Biasanya kebanyakn orang yang sedang menjalani program diet mengganti asupan makanannya dengan mengganti nasi dengan buah dan sayuran atau lebih dikenal dengan diet sayuran dan buah. Dengan memiliki sudut pandang bahwa berat badan berlebih dihasilkan oleh karbohidrat yang dalam hal ini nasi tentunya dengan mudahnya menghindari nasi dalam menjalani diet.

Dalam menjalani diet agar lebih tepat dan berhasil dalam mengurangi berat badan, sebenarnya haruslah memiliki asupan yang seimbang diantaranya dengan memenuhi asupan karbohidrat. Pilihan makanan diet pengganti nasi sebaiknya anda terapkan dalam program diet anda saat ini agar kebutuhan akan karbohidrat tetap terpenuhi walaupun dengan tanpa nasi.

Berikut ini makanan diet pengganti nasi yang dapat anda konsumsi dalam menjalani diet dengan mengkonsumsi makanan diet penurun berat badan.

Jagung
Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh, disamping dapat memenuhi asupan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh, jagung juga memiliki kandungan tinggi antioksidan. Disamping itu, jagung pemberi pasokan akan vitamin B, serat, mineral, bahkan pigmen atau warna pada jagung dapat menjaga kondisi kesehatan mata dan manjadi pelindung terhadap paru-paru anda. Dalam memilih jagung untuk dikonsumsi sebagai makanan diet pengganti nasi ini sebaiknya pilihlah jagung yang tidak terkontaminasi bahan seperti pestisida atau anda dapat memilih jagung organik sebagai bahan makanan diet yang dapat dikonsumsi. Jagung ini dapat dicampurkan ke dalam sup maupun disajikan sebagai salad diwaktu sarapan anda.

Kentang
Kentang dapat anda gunakan sebagai makanan diet pengganti nasi dalam menajali program diet untuk menurunkan berat badan. Nutrisi yang terdapat pada kentang ini memiliki manfaat yang baik sekali bagi tubuh disamping untuk mencukupi kebutuhan akan karbohidrat. Selain itu pada kentang juga terdapat kandungan Vitamin C, B, zat besi, kalsium, kalium juga serat tentunya dapat menjaga kondisi kesehatan kita serta mampu memenuhi kebutuhan akan vitamin yang diperlukan tubuh dalam menajaga kesehatan. Kandungan pati resisten yang terdapat pada kentang juga mampu membakar lemak yang terdapat pada tubuh, sehingga tepat menggunakan kentang sebagai makanan diet pengganti nasi pembakar lemak tubuh.

Pasta
Bagi warga Indonesia makanan diet pengganti nasi ini tentunya jarang dikonsumsi karena memang tidak familiar. Namun pasta juga dapat dikonsumsi sebagai makanan diet pengganti nasi untuk mencukupi kebutuhan akan karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh. Tingginya asam folat dan kadar lemak yang rendah yang terdapat pada pasta ini tentunya dapat memberikan manfaat bagi program diet untuk menurunkan berat badan dengan membakar lemak yang menumpuk pada tubuh.

Selain makanan diet pengganti nasi diatas tentunya masih terdapat banyak lagi makanan diet yang dapat anda konsumsi sebagai makanan diet pengganti nasi. Mulai dari jenis buah-buahan, sayuran, umbi-umbian bahkan dari susu. Perlu diperhatikan pula dalam menjalani diet dengan mengkonsumsi makanan diet untuk menurunkan berat badan ini adalah dengan memperhatikan jumlah makanan yang anda konsumsi sehingga tidak menjadi berlebihan.