Menjaga kesehatan reproduksi wanita

Posted on


Tips menjaga kesehatan reproduksi wanita atau rahim yang perlu anda ketahui sejak dini, dengan selalu menjaga kesehatan reproduksi wanita ini tentunya akan menghindari anda dari berbagai macam keluhan terhadap kesehatan daerah kewanitaan bahkan menghindari anda dari gangguan susah memiliki keturunan. Dalam menjalani dan menjaga kesehatan reproduksi wanita atau menjaga kesehatan rahim ini tentunya dapat dilakukan dengan cara mudah yang dapat anda jalankan sebagai kebiasaan baik sehari-hari dalam membantu menjaganya tetap sehat dan terawat.

Gangguan kesehatan terhadap rahim atau daerah reproduksi wanita tentunya menjadi ancaman serius bagi kaum wanita. Bukan hanya menghadapi gangguan sulitnya memiliki keturunan, dengan adanya gangguan terhadap kesehatan reproduksi ini yang paling dikhawatirkan adanya penyakit seperti kanker serviks maupun kanker rahim yang dapat merenggut jiwa. Jika kaum wanita mengabaikan mengenai menjaga kesehatan reproduksi wanita atau rahim ini tentunya ancaman bagi kesehatan tentunya dengan mudahnya ditemukan.

Pada umumnya gangguan kesehatan rahim dapat dipicu oleh berbagai macam hal yang dapat mempengaruhi kesehatan dari bagian reproduksi wanita tersebut. Pola hidup dan prilaku yang tidak sehat menjadi salah satu sumber utama terhadap munculnya gangguan terhadap kesehatan rahim tersebut. Dimana pada saat ini dengan tingkat kesibukan yang tinggi terkadang anda kurang mengawasi dan kurang begitu memperhatikan akan pola hidup yang anda jalani. Sebut saja dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat menjadi pemicu gangguan terhadap rahim atau organ reproduksi wanita. 

Walaupun dalam menjaga kesehatan reproduksi itu tidaklah mudah dilakukan namun ada baiknya anda melakukan beberapa cara sederhana ini yang dapat anda jadikan kebiasaan untuk selalu menjaga kesehatan reproduksi wanita.

Selalu membiasakan diri membersihkan daerah kewanitaan anda setelah buang air kecil dan buang air besar. Bilaslah hingga benar-benar bersih agar terbebas dari bahaya kuman pada sisa pembuangan tersebut. Untuk membebaskan anda dari gangguan jamur, selalu mengeringkan daerah kewanitaan tersebut dengan menggunakan handuk ataupun tissue. Hal ini bertujuan agar daerah kewanitaan tersebut tidaklah lembab, dimana pada keadaan lembab jamur penyebab berbagai macam masalah kewanitaan akan lebih mudahnya berkembang yang dapat memicu gangguan terhadap kesehatan organ kewanitaan maupun daerah reproduksi wanita atau rahim. Disaat mengeringkannya dengan menggunakan tissue, sebaiknya pilihlah tissue yang higienis. Jadi selain menjaga tetap kering tentunya dapat terbebas dari kuman yang bisa saja menempel pada tissue.

Gantilah celana dalam anda sedikitnya dua kali dalam sehari, hindari mengenakan celana yang terlalu ketat agar sirkulasi tetap terjaga sehingga organ kewanitaan tetap kering dan tidak lembab untuk menghindari pertumbuhan kuman dan jamur.

Disaat membasuh daerah kewanitaan anda, sebaiknya gunakan air yang masih baru dan menghindari penggunaan air yang terdapat dikolam. Terlebih lagi menggunakan air yang mengendap dikolam dalam jangka waktu yang cukup lama. Terlalu lamanya air yang mengendap pada kolam penampungan bisa saja tercemar oleh kuman maupun bakteri yang banyak sekali terdapat pada kamar mandi.

Dalam menjaga daerah kewanitaan tetap kering dengan mengenakan pantyliner sebaiknya hindari penggunaan barang tersebut yang memiliki kandungan pewangi. Sebaiknya juga hindari mengenakan pantyliner ini setiap hari, penggunaan pantyliner setiap hari dapat dikhawatirkan akan memicu iritasi pada kulit.

Disaat sedang haid sebaiknya gunakan pembalut yang bertekstur lembut untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit. Lakukanlah pergantian pembalut tersebut secara rutin dan tidak dalam jangka waktu yang terlalu lama. Hal ini bertujuan agar kuman dan bakteri tidak berkembang biak lebih lama.

Terapkanlah pola hidup sehat sejak dini dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan serta lakukanlah rutinitas berolahraga. Hindari stress yang juga dapat memicu kesehatan reproduksi anda, tangani segala pekerjaan sebagaimana mestinya dan selalu kerjakan apa yang harus anda kerjakan terlebih dahulu.

Dengan melakukan beberapa tips diatas dalam menjaga kesehatan reproduksi wanita ini tentunya berbagai macam keluhan terhadap kewanitaan akan terhindar dari kehidupan anda.